KIOS BABE  — Banyak sebagian orang-orang yang senang mengkonsumsi makanan ringan. Cemilan atau makanan ringan biasanya memiliki warna yang cerah serta nampak menggoda. Di Indonesia makanan ringan dapat dengan mudah didistribusikan atau dijual dimana pun tanpa pengawasan. Masih banyak perusahaan tradisional yang memproduksi makanan tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan. Sering mengkonsumsi makanan ringan sebetulnya tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Makanan yang bagus untuk tubuh, sejatinya adalah makanan sehat.

Tips Memilih Makanan Sehat

Untuk mendapatkan makanan yang sehat, seseorang harus mengetahui beberapa tips dalam memilih makanan sebelum dikonsumsi nya. Berikut beberapa tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Amati warnanya,
    Salah satu cara penting untuk mengetahui bahwa makanan tersebut aman atau tidak adalah dengan mengamati warna dari makanan tersebut. Jika makanan tersebut memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok, serta berbeda dengan warna asli atau warna pada umumnya, maka kemungkinan makanan tersebut telah diberi pewarna makanan. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih makanan agar kesehatan tubuh Anda terjaga.
  2. Cobalah sedikit sampel,
    Jika Anda ingin membeli sebuah makanan yang ada di toko ataupun di tempat lainnya, maka cobalah untuk mencicipi sampel tersebut terlebih dahulu sebelum Anda membeli makanan itu. Lidah biasanya dapat merasakan dan membedakan mana makanan yang aman untuk dikonsumsi dan mana makanan yang tidak aman. Jika makanan tersebut tidak aman, biasanya akan terasa tajam di lidah serta lidah akan bergetar dan tenggorokan pun gatal.
  3. Cium aromanya,
    Sebelum membeli makanan hendaklah mencium aroma makanan tersebut terlebih dahulu, karena untuk memastikan bahwa makanan tersebut basi atau tidak. Jika makanan tersebut basi, maka tidak baik untuk dikonsumsi lagi karena makanan tersebut telah terkontaminasi dengan mikroorganisme yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.
  4. Perhatikan komposisinya,
    Perhatikanlah komposisi yang ada pada makanan tersebut sebelum Anda membelinya. Perhatikan kandungannya, karena dikhawatirkan akan ada kandungan yang membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda.
  5. Perhatikan kualitasnya,
    Selain harus memperhatikan komposisi, Anda juga harus memperhatikan kualitas makanan tersebut, karena dikhawatirkan makanan tersebut terdapat jamur. Jika terdapat jamur pada makanan maka tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Makanan yang terkena jamur berarti proses pembuatan makanan tersebut tidak berjalan dengan baik atau telah kadaluarsa.
  6. Terdaftar di BPOM,
    Makanan yang baik adalah makanan yang telah terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan impor maka perhatikanlah makanan tersebut terdaftar dalam BPOM atau tidak.

Siap memulai gaya hidup sehat, sahabat Babe?

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous reading
Waspada! Bahan Berbahaya Pada Jajanan Anak Sekolah
Next reading
Gaya Berpakaian Cewek Ini, Sukses Bikin Orang Lain Tertarik