Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia menyimpan kekayaan kuliner khas Betawi. Bagi orang yang sudah lama menginjakkan kakinya di Jakarta, pasti sudah tak asing dengan berbagai makanan khas Betawi.

Makanan khas Betawi sangat beragam, unik, dan pastinya enak. Tapi untuk mereka yang belum pernah menghirup udara khas Jakarta, mungkin akan terkesima mengetahui fakta akan keragaman masakan yang dimiliki oleh suku Betawi.

Apabila kamu termasuk orang yang belum pernah ke Jakarta atau hanya mengetahui sedikit makanan khas Jakarta, MakananOlehOleh.com akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh mengenai daftar makanan khas Betawi.

Kamu yang sebelumnya hanya tau beberapa, dijamin bakal tahu lebih banyak dan semakin terkagum-kagum dengan negara Indonesia yang menjadi surga kuliner untuk setiap manusia. Ada apa saja?

Makanan Khas Betawi yang terkenal enak:

1. Kerak Telor

39 Makanan Khas Betawi Jakarta yang Terkenal Enak Makanan

Untuk yang pertama, kamu mungkin sudah tidak asing dengan makanan ini. Namanya kerak telor.

Makanan khas Betawi ini bisa dikatakan sebagai ikon kuliner Jakarta yang dikenal oleh orang-orang dari luar kota Jakarta.

Kerak telor sendiri adalah makanan yang dibuat dari bahan dasar berupa beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, bawang goreng, dan diberi bumbu halus dari campuran kelapa sangrai, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, dan kencur.

Kerak telor dimasak dengan cara yang unik. Biasanya panganan ini dimasak dalam wajan kecil tanpa menggunakan minyak.

Saat dibakar dengan arang, kerak telor yang sudah setengah matang akan dibalik bersama dengan wajannya. Perihal rasanya, kerak telor akan memberikan pengalaman baru bagi lidah kamu.

Rasa kerak telor yang gurih dengan tekstur beras ketan yang legit akan membuat kamu betah berlama-lama untuk mengunyahnya.

2. Biji Ketapang

39 Makanan Khas Betawi Jakarta yang Terkenal Enak Makanan

Untuk mengisi waktu luang, orang Jakarta mempunyai cemilan khas yakni kue biji ketapang.

Saat menjelang lebaran, biasanya banyak orang yang membuat biji ketapang untuk dimakan sendiri ataupun dijual.

Camilan ini sangat cocok disuguhkan ketika ada tamu dadakan.

Selain Jakarta, biji ketapang juga bisa ditemukan di daerah-daerah lain dengan penggunaan bahan yang beragam.

Khusus di Jakarta, biji ketapang biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa muda.

Saat digigit, biji ketapang biasanya akan renyah, tergantung seberapa mahir pembuatnya.

Kalau kamu penasaran untuk mencoba biji ketapang yang gurih dan manis, mungkin akan kesulitan untuk menemukannya apabila tidak berada dalam momen puasa atau menjelang lebaran.

Jika ingin mencoba, maka tak ada salahnya untuk belajar membuat sendiri. Kue ini mudah dibuat dan tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit dicari.

3. Geplak Betawi

Dari tekstur dan tampilannya, makanan khas Betawi yang satu ini mirip seperti tape, yakni lembut dan tampak seperti dibaluri bedak.

Tapi untuk rasanya, geplak betawi mempunyai cita rasa manis, sedangkan tape rasanya asam. Kue khas Betawi ini sekarang sudah langka.

Kehadiran kue geplak betawi biasanya ada di saat pesta pernikahan di mana kue ini akan dijadikan kue pengantar pengantin pada pesta pernikahan adat betawi.

Kamu mungkin penasaran, kenapa kue ini dinamakan geplak.

Dari penuturan sebagian warga yang pernah membuatnya, kue ini dibuat dengan cara diaduk pakai tangan dan setengah dipukul.

Oleh karena dipukul maka lahirlah nama geplak betawi. Kue ini bisa tahan hingga satu minggu.

Kalau mau lebih awet, kue ini bisa disimpan di dalam lemari pendingin. Kue ini dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

4. Dodol Betawi

39 Makanan Khas Betawi Jakarta yang Terkenal Enak Makanan

Dodol memang bukan makanan asli Betawi, namun di Jakarta, terkenal dengan salah satu dodolnya yang bernama dodol betawi.

Dari segi tampilan, mungkin dodol betawi tampak kurang menarik.

Warnanya yang hitam kecokelatan kurang mengundang selera, tapi tidak dengan rasanya yang bervariasi yakni ketan putih, ketan hitam, dan durian.

Dodol betawi bukanlah makanan yang bisa didapatkan setiap hari. Kehadirannya hanya pada saat Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, atau pada pesta-pesta khas Betawi.

Dodol betawi menjadi makanan khas Betawi yang paling diburu oleh mereka yang tak tinggal di Jakarta, biasanya para pekerja yang ditugaskan ke luar kota dan kebetulan kota tujuannya tersebut adalah Jakarta.

Dodol betawi dipasarkan dengan harga yang beragam, namun cenderung tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembuatan dodol yang tak mudah, tak sebentar, dan memerukan tenaga ekstra untuk mengaduknya. Karena hal tersebut pula dodol betawi tak bisa dibuat oleh sembarangan orang.

5. Asinan Betawi

39 Makanan Khas Betawi Jakarta yang Terkenal Enak Makanan

Di Indonesia, terkenal dua jenis asinan yakni asinan Bogor dan asinan Betawi. Asinan bogor umumnya menggunakan buah-buahan tropis dan jarang yang menggunakan sayur.

Sementara asinan betawi lebih sering ditemukan berisikan sayur-sayuran seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih.

Kuah dari asinan betawi berupa bumbu kacang yang segar karena dicampur dengan cuka dan cabai.

Asinan betawi termasuk kuliner khas Betawi yang disukai oleh para pecinta kuliner Jakarta.

Selain enak dan menyegarkan, asinan betawi juga tergolong makanan yang menyehatkan karena banyak mengandung sayur-sayuran.

Sebagai pelengkap makan, asinan betawi biasanya ditambahkan dengan kerupuk mie kuning. Di Jakarta, banyak penjual asinan di pinggir jalan.

Untuk harganya, asinan betawi biasa dibandrol dengan harga jual mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous reading
Tips Memilih Busana Muslim Agar Tetap Nyaman
Next reading
Tempat Wisata Di Jakarta Yang Bikin Kamu Rileks