Source: asmuSe

Sebentar lagi bulan Maret, waktunya merencanakan batch pertama untuk liburan di tahun 2017 readers, yeay! anda berencana travelling kemana? luar atau dalam negeri? keduanya sama baiknya dan sama asiknya ya. Hanya yang perlu anda perhatikan adalah beberapa hal yang bisa membuat traveling anda semakin asik. Apa saja? baca ke 10 poin berikut ya!

1.Rencanakan Itinerary

Source: Unsplash

Liburan yang asik dimulai dari itinerary yang tersusun dengan baik. Terlebih jika anda travelling ke luar negeri. Ini untuk menghindari kebingungan yang mungkin terjadi jika anda liburan tanpa perencanaan. Terkadang anda memiliki waktu yang terbatas sedangkan spot yang ingin anda kunjungi sangat banyak. Disinilah itinerary berperan, yitu agar membantu anda menggunakan waktu dengan seefektif mungkin.

2.Kenali via Online

Source: FirmBee

Jika anda akan berkunjung ke negara yang belum anda kunjungi sebelumnya sebaiknya anda ‘kenali’ dahulu negara tersebut melalui internet. Browsing spot yang ingin anda kunjungi, perkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan, pelajari bahasa yang mudah dan sering digunakan. Saran kami, banyaklah membaca review para blogger. Selain lebih lengkap, review dari blogger juga akan membantu anda mendapatkan pandangan yang jujur tentang tempat yang akan anda kunjungi.

3.Promotion Alert

Source: aiiapromogifts

Untuk membantu menekan biaya perjalanan, ada baiknya jika anda melakukan promotion alert. Caranya adalah dengan sebelum melakukan perjalanan browsing berbagai website moda transportasi yang akan anda gunakan. Anda juga dapat menyesuaikan berbagai promosi dengan kartu kredit yang anda miliki. Akan sangat bauj jika anda memanfaatkan berbagai promosi yang anda. Sehingga anda tidak hanya menikmati liburan yang asik, namun juga hemat.

4.Pilih Maskapai dengan Cermat

Source: Holgi

Jika anda travelling sendirian, apapun maskapai yang anda gunakan seharusnya tidak menjadi masalah. Namun jika anda travelling bersama anak-anak, maka anda harus cermat memilih maskapai. Jangan sampai karena ingin menghemat, anda memilih low cost carrier padahal hobi delay berjam-jam. Jika membawa anak-anak, hal ini tidak hanya merugikan namun bisa membuat liburan anda berantakan. Jadi, sisihkan waktu anda untuk sejenak memilih maskapai yang sesuai dengan kebutuhan anda.

5.Pesan Hotel

Source: EinarStorsul

Di daerah-daerah tertentu, okupansi hotel sangat tinggi. Jika anda tidak mengantisipasi dengan memesan kamar terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya, anda bisa jadi tidak kebagian tempat menginap. Terlebih jika anda liburan dengan anak-anak. Jadi, jangan lupa untuk memesan kamar hotel sebelum keberangkatan anda, sehingga ketika anda landing di tempat tujuan, anda langsung memiliki tempat untuk beristirahat sebelum melanjutkan menjelajahi tempat wisata selanjutnya.

6.Transportasi

Source: Pexels

Saat ini banyak sekali alternatif transportasi yang dapat anda gunakan untuk liburan yang asik. Sebelum anda bepergian, anda sebaiknya memikirkan moda transportasi yang mudah untuk digunakan di tempat tujuan. Misalnya jika ingin jalan-jalan di seputaran kota Bandung, mungkin akan lebih menyenangkan jika anda menggunakan Uber, Gocar atau Grab karena harganya yang terjangkau dan mudah didapat. Namun bila ke Singapore, MRT lebih nyaman digunakan, terlebih bila menggunakan tourist pass ez link yang praktis dan murah.

7.Good Pack of Backpack

Source: maxmann

Jika anda seorang backpacker, pikirkan untuk membawa barang yang tidak terlalu berat dan mudah untuk dibawa. Jika anda liburan dengan anak-anak, bawa koper secukupnya dengan barang-barang yang dipacking seapik mungkin. Anda dapat mengukurnya dengan kemampuan anda, readers. Jangan sampai ketika anda pulang liburan malah mengalami cidera punggung, kaki dan tangan karena membawa luggage yang berlebihan.

8.Kelengkapan Utilitas Power

Source: markusspiske

Anda pasti tidak ingin kehilangan power ketika sampai di tempat tujuan ketika anda seharusnya menggunakan gps atau peta digital kan, reader? Jadi jangan lupa siapkan handset penuh charge pada malam sebelum keberangkatan, atau membawa power bank yang bisa diandalkan ketika anda kehabisan daya di jalan. Dan jaga kamera anda tetap on. Anda toh tidak mau kehilangan momen ketika sedang jalan-jalan di tempat yang menakjubkan.

9. Peta Cadangan

Source: Pexels

Oke, jadi kita memang hidup di dunia yang digital. Namun ketika anda benar-benar kehabisan daya di tengah jalan sehingga berbagai gadget anda tidak berfungsi, anda mau tak mau harus kembali ke dunia konvensional yang analog. Ketika sampai di tempat tujuan tidak ada salahnya untuk membeli peta cetak yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu jika gadget anda tidak dapat digunakan sama sekali. Toh peta selembar dua lembar tidak memiliki massa yang berarti pada backpack anda kan?

10.Sepatu yang Nyaman

Source: Couleur

Yang membuat traveling makin asik adalah ketika kita dapat mengeksplorasi tempat-tempat baru yang belum pernah kita datangi dengan berjalan kaki. Pikirkan lagi jika anda ingin menggunakan alas kaki yang tidak fleksibel dan tidak nyaman di kaki. Lupakan gaya untuk sementara, ladies. Ketika traveling Heels tampaknya menjadi ide yang sangat buruk dibandingkan sneakers dan sejenisnya.

Nah itulah ke 10 tips yang akan membantu traveling anda semakin asik. Jaga kesehatan dan stamina anda ya, sehingga dapat maksimal mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang anda datangi.

Sumber : http://cintaihidup.com/

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous reading
5 Makanan Khas Indonesia yang Wajib Kamu Coba
Next reading
Panduan Memilih Bahan Hijab Yang Bagus Sesuai bentuk Wajah